Batagor Haji Yunus Rasanya Otentik Nikmati Kuliner Bandung Legendaris

Batagor Haji Yunus: Rasanya Otentik, Nikmati Kuliner Bandung Legendaris

Halo, pecinta kuliner! Apa kabar hari ini? Sudahkah kamu mencicipi kuliner Bandung yang satu ini? Batagor Haji Yunus. Kuliner legendaris yang sudah melegenda sejak tahun 1975. Bagi kalian yang belum pernah mencicipinya, rugi banget! Karena rasanya yang otentik bikin ketagihan banget. Di artikel ini, kita akan membahas tuntas tentang kelezatan Batagor Haji Yunus.

Warisan Kuliner Turun-Temurun

Batagor Haji Yunus merupakan kuliner warisan turun-temurun yang sudah ada sejak tahun 1975. Resepnya yang dirahasiakan membuat Batagor Haji Yunus memiliki cita rasa yang khas dan tidak dapat ditemukan di tempat lain. Uniknya, Batagor Haji Yunus dibuat secara tradisional, tanpa menggunakan bahan pengawet sama sekali. Hal ini membuat rasanya semakin otentik dan terjaga kualitasnya.

Dari Gerobak Sederhana hingga Warung Tetap

Awalnya, Batagor Haji Yunus hanya dijual dari gerobak sederhana yang didorong oleh Haji Yunus, sang pendiri. Namun, seiring berjalannya waktu, permintaan yang semakin meningkat membuatnya membuka warung tetap di Jalan Cihampelas. Warung tersebut hingga kini masih berdiri kokoh dan menjadi tempat berkumpulnya para penikmat Batagor Haji Yunus.

Lokasi warung Batagor Haji Yunus sangat strategis, berada di pusat kota Bandung. Hal ini membuatnya mudah diakses oleh masyarakat, baik warga lokal maupun wisatawan. Warungnya sederhana namun bersih dan nyaman, sehingga pengunjung dapat menikmati Batagor Haji Yunus dengan suasana yang menyenangkan.

Proses Pembuatan yang Teliti

Proses pembuatan Batagor Haji Yunus sangat teliti dan tidak asal-asalan. Setiap bahan dipilih dengan hati-hati dan diolah dengan teknik khusus. Dimulai dari pembuatan adonan batagor yang terbuat dari campuran ikan tenggiri, udang, dan tepung tapioka. Adonan tersebut kemudian dibentuk menjadi bulat-bulat dan digoreng hingga keemasan.

🕵️‍♀️Baca Juga :   Panduan Lengkap Paket Internet Haji Telkomsel: Tetap Terhubung Di Tanah Suci

Setelah digoreng, batagor disajikan dengan kuah kacang yang kental dan gurih. Kuah kacang tersebut dibuat dari kacang tanah yang dihaluskan dan dimasak dengan bumbu-bumbu rahasia. Selain kuah kacang, Batagor Haji Yunus juga disajikan dengan kecap manis, saus sambal, dan acar bawang yang semakin menambah kelezatannya.

Batagor yang Tidak Biasa

Batagor Haji Yunus berbeda dengan batagor pada umumnya. Batagor ini memiliki tekstur yang kenyal dan lembut, dengan rasa ikan dan udang yang dominan. Kuah kacangnya pun kental dan gurih, dengan rasa kacang yang sangat terasa. Kombinasi sempurna antara batagor dan kuah kacang inilah yang membuat Batagor Haji Yunus begitu digemari.

Selain rasanya yang otentik, Batagor Haji Yunus juga terkenal dengan porsinya yang besar. Satu porsi berisi sekitar 8 buah batagor, sehingga cukup mengenyangkan. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau, sehingga tidak akan menguras kantong.

Antrian yang Mengular

Karena kelezatannya yang tiada tara, jangan heran jika kamu harus rela mengantre panjang untuk bisa menikmati Batagor Haji Yunus. Antrian biasanya mengular hingga ke luar warung, terutama pada saat jam-jam sibuk. Namun, waktu yang kamu habiskan untuk mengantre akan terbayar lunas saat kamu mencicipi kelezatan Batagor Haji Yunus.

Untuk mengatasi antrian yang panjang, pihak Batagor Haji Yunus menyediakan dua cara pemesanan, yaitu langsung di warung dan melalui pesan antar. Bagi yang tidak ingin mengantre, bisa memesan Batagor Haji Yunus melalui layanan pesan antar yang tersedia. Namun, perlu diingat bahwa harga Batagor Haji Yunus melalui pesan antar sedikit lebih mahal daripada harga di warung.

Menu Pendamping yang Menggugah Selera

Selain Batagor Haji Yunus yang menjadi menu utama, tersedia juga beberapa menu pendamping yang tidak kalah lezat. Di antaranya ada siomay, tahu goreng, lumpia basah, dan es campur. Siomaynya memiliki tekstur yang kenyal dan lembut, dengan isian udang dan wortel yang melimpah. Tahu gorengnya crispy di luar dan lembut di dalam, dengan bumbu kacang yang gurih.

🕵️‍♀️Baca Juga :   Pentingnya Ijazah SD: Kunci Kesuksesan Akademik Dan Karier Masa Depan

Lumpia basahnya berisi rebung, wortel, dan udang yang dibungkus dengan kulit lumpia yang tipis. Saat digigit, isi lumpia basah akan meleleh di mulut. Es campurnya merupakan perpaduan antara es serut, cincau, cendol, dan susu kental manis. Rasanya yang manis dan segar sangat cocok untuk dinikmati setelah menyantap Batagor Haji Yunus.

Catatan Sejarah yang Penting

Batagor Haji Yunus tidak hanya sekadar kuliner biasa. Batagor ini memiliki catatan sejarah yang cukup penting. Pada tahun 1998, Batagor Haji Yunus menjadi salah satu kuliner yang disajikan dalam acara resepsi pernikahan Presiden Soeharto. Hal ini menunjukkan bahwa Batagor Haji Yunus sudah diakui hingga ke tingkat nasional.

Selain itu, Batagor Haji Yunus juga pernah menjadi salah satu kuliner yang disajikan dalam acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia-Afrika yang digelar di Bandung pada tahun 2015. Hal ini semakin mengukuhkan posisi Batagor Haji Yunus sebagai kuliner legenda Bandung yang sudah mendunia.

Penghargaan dan Pengakuan

Selama bertahun-tahun, Batagor Haji Yunus telah menerima berbagai penghargaan dan pengakuan atas kelezatan rasanya. Di antaranya adalah:

  • Piagam penghargaan dari Pemerintah Kota Bandung sebagai makanan khas Bandung (1997)
  • Juara pertama Lomba Batagor se-Jawa Barat (2001)
  • Anugerah Rekor MURI sebagai batagor dengan penjualan terbanyak di Indonesia (2005)

Penghargaan dan pengakuan tersebut menjadi bukti nyata bahwa Batagor Haji Yunus memang layak disebut sebagai kuliner legenda Bandung yang memiliki rasa otentik dan berkualitas.

Check Also

Tanaman Hias Yang Indahnya Mencengangkan Dan Manfaatnya Yang Menakjubkan

Tanaman Hias Yang Indahnya Mencengangkan Dan Manfaatnya Yang Menakjubkan